Tafakur

Kenapa tak henti-hentinya dirimu melupakan Alloh?, Padahal sedetikpun Dia tak pernah melupakanmu, Kenapa tak henti-hentinya kau puja cinta yang tak sebenarnya?, Sedangkan Sang Maha Cinta tak pernah melepaskan Cinta-Nya darimu.

Menu

Berlangganan

Dapatkan Artikel Terbaru Sufizone

Masukkan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

Visitor

Di dalam banyak riwayat disebutkan bahwa pada bulan Ramadhan Rasulullah Saw menjadi lebih dermawan ketimbang pada bulan-bulan selainnya. Beliau sering bersedekah dan melakukan ibadah sosial lainnya. Lalu apakah keutamaan sedekah itu?

1. Imam Ali as berkata, ”Sedekah itu pelindung dari siksa Neraka” (Wasail asy-Syi’ah 6:258)

2. Rasulullah saww bersabda, ”Sedekah itu dapat menolak bala’ dan ia adalah obat yang paling mujarab” (Bihar al-Anwar 96:132)

3. Rasulullah saww bersabda, ”Sesungguhnya Allah, yang tiada Tuhan selain Dia! Sungguh sedekah itu dapat menolak penyakit, bencana, kebakaran, tenggelam, keruntuhan, dan penyakit gila (Bihar al-Anwar 62:269)

4. Rasulullah saww bersabda, ”Sedekah itu dapat menolak 70 macam bala’, yang paling buruk adalah lepra dan kusta” (Kanz al-‘Ummal, hadits ke: 15982)

5. Rasulullah saww bersabda, “Sedekah itu menutup 70 pintu kejahatan.” (Bihar al-Anwar 96:132)

6. Rasulullah saww bersabda, “Sedekah itu menolak 100 kejelekan.” (Bihar al-Anwar 96:124)

TURUNKANLAH RIZQIMU DENGAN BERSEDEKAH

1. Imam Ali as berkata, “Turunkanlah rizqi (mu) dengan bersedekah” (Al-Bihar 78 : 68)

2. Imam Ali as berkata, “Jika kamu dalam keadaan yang sangat miskin maka berdaganglah dengan Allah, yaitu dengan bersedekah” (Al-Bihar : 96 : 133)

3. Rasulullah saww bersabda, “Banyak-banyaklah engkau bersedekah niscaya Allah akan memberikanmu rizqi” (Al-Bihar 77 : 176)

4. Rasulullah saww bersabda, “Sesungguhnya sedekah itu akan menambah bagi pelakunya banyak (rizqi), karena itu bersedekahlah kamu agar Allah menyayangimu!” (Al-Bihar 96 : 122)

5. Imam ash-Shadiq as berkata, “Sedekah itu dapat melunaskan hutang dan menggantinya dengan keberkahan” (Al-Bihar 96 : 134)

KATEGORI SEDEKAH

1. Rasulullah saww bersabda, “Sesungguhnya setiap muslim itu wajib bersedekah setiap hari”

Seseorang menyahut : “Siapa yang sanggup berbuat demikian ?”

Nabi saww menjawab, “Walaupun sekedar menyingkirkan duri dari jalanan, maka itu adalah sedekah. Mencegah perbuatan yang munkar, itupun sedekah. Menyebarkan salam juga sedekah” (Al-Bihar 75 : 50)

2. Rasulullah saww bersabda,”Setiap perbuatan yang ma’ruf (yang baik) itu sedekah” (Al-Bihar 96 : 119)

3. Rasulullah saww bersabda,”Bersedekahlah kepada saudaramu dengan ilmu

yang menunjukkannya (ke jalan yang benar)” (Al-Bihar 75 : 105)

4. Rasulullah saww bersabda,“Kata-kata yang baik itu sedekah dan setiap langkah yang diayunkan menuju shalat juga sedekah!” (Al-Bihar 83 : 369)

5. Imam as-Sajjad as pagi-pagi sekali keluar dari rumahnya, maka seseorang bertanya kepada beliau, “Wahai putera Rasulullah, anda hendak pergi kemana?”, “Mau bersedekah untuk keluarga saya”, jawab beliau.

“Bersedekah ?”, tanya orang tersebut kebingungan.

Imam as menjawab, “Barangsiapa yang pergi untuk mencari (nafkah) yang halal maka dia juga telah bersedekah” (Furu’ al-Kafi 4 : 12 hadits ke 12)

MENINGGALKAN HAL – HAL YANG BURUK ADALAH SEDEKAH

1. Rasulullah saww bersabda, “Tahanlah lidahmu (dari perkataan yang tidak baik), karena itu adalah sedekah atas dirimu (sendiri) (Al-Bihar 71 :298)

2. Rasulullah saww bersabda, “Meninggalkan perbuatan jahat itu adalah sedekah!” (Al-Bihar 77 : 160)

Sumber : qitori

Sufizone & Hikamzone By Pondok Pesantren Subulus Salam : www.ppsubulussalam.co.cc


Related Post



0 komentar

Posting Komentar

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon

Share

Share |

Artikel terbaru

Do'a

اللهم إني أسألك إيمانا يباشر قلبي ويقيناً صادقاً حتى أعلم أنه لن يصيبني إلا ما كتبته علي والرضا بما قسمته لي يا ذا الجلال والإكرام

Translation

Artikel Sufizone

Shout Box

Review www.sufi-zone.blogspot.com on alexa.com How To Increase Page Rankblog-indonesia.com blogarama - the blog directory Active Search Results Page Rank Checker My Ping in TotalPing.com Sonic Run: Internet Search Engine
Free Search Engine Submission Powered by feedmap.net LiveRank.org Submit URL Free to Search Engines blog search directory Dr.5z5 Open Feed Directory Get this blog as a slideshow!