Tafakur

Kenapa tak henti-hentinya dirimu melupakan Alloh?, Padahal sedetikpun Dia tak pernah melupakanmu, Kenapa tak henti-hentinya kau puja cinta yang tak sebenarnya?, Sedangkan Sang Maha Cinta tak pernah melepaskan Cinta-Nya darimu.

Menu

Berlangganan

Dapatkan Artikel Terbaru Sufizone

Masukkan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

Visitor

Nama lengkap Imâm al-Ghazâlî adalah Abû Hamîd Muhammad ibn Muhammad al-Ghazâlî al-Thûsî. Beliau dilahirkan pada tahun 450/1058 M di Thus (sekarang dekat Meshed), yaitu sebuah kota kecil di Khurasan (sekarang Iran), dan di sana pula beliau wafat dan dikuburkan pada tahun 505 H/ 1111 M.

Ayahnya seorang pengrajin wol yang hasilnya dijual sendiri di tokonya di Thûs. Dengan kehidupannya yang sederhana itu, ayahnya tertarik pada kehidupan sufi. Pada saat ajalnya sudah dekat, dia berwasiat kepada seorang sufi yang sekaligus juga teman karibnya untuk memelihara dua orang anaknya yang masih kecil-kecil, yaitu Muhammad dan Ahmad serta menyerahkan sedikit bekal warisan untuk anak-anaknya itu. Sahabat sufi itu menerima wasiat itu dengan baik. Akan tetapi, setelah harta itu habis, sementara sufi tersebut hidup dalam kondisi fakir, membuatnya berinisiatif untuk menyerahkan Imâm al-Ghazâlî dan adiknya ke sebuah madrasah di Thûs agar mendapatkan pendidikan dan pemeliharaan yang layak. Di madrasah ini potensi intelektual dan spiritual Imâm al-Ghazâlî dikembangkan sampai akhir hayatnya. Namun dalam perkembangannya, situasi kultural dan struktural masyarakat pada masa hidupnya ikut mempengaruhi pemikirannya. Oleh karena itu, situasi kultural dan struktural pada masanya perlu juga diketahui.

Related Post



0 komentar

Posting Komentar

Share this post!
Facebook Delicious Digg! Twitter Linkedin StumbleUpon

Share

Share |

Artikel terbaru

Do'a

اللهم إني أسألك إيمانا يباشر قلبي ويقيناً صادقاً حتى أعلم أنه لن يصيبني إلا ما كتبته علي والرضا بما قسمته لي يا ذا الجلال والإكرام

Translation

Artikel Sufizone

Shout Box

Review www.sufi-zone.blogspot.com on alexa.com How To Increase Page Rankblog-indonesia.com blogarama - the blog directory Active Search Results Page Rank Checker My Ping in TotalPing.com Sonic Run: Internet Search Engine
Free Search Engine Submission Powered by feedmap.net LiveRank.org Submit URL Free to Search Engines blog search directory Dr.5z5 Open Feed Directory Get this blog as a slideshow!